menghitung masa suburBagaimana menghitung masa subur? Paham tentang masa subur adalah salah satu tips agar Anda segera memperolah keturunan. Selamat membaca .

Banyak pasangan yang merindukan akan hadirnya buah hati ditengah-tengah mereka. Namun yang dirindukan tak kunjung datang karena beberapa sebab. Banyak pasangan suami istri yang ternyata minim pengetahuan tentang masa subur. Padahal masa subur sangat diperlukan ketika kita menginginkan adanya kehamilan. Paham tentang masa subur adalah salah satu tips untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat . Lalu adakah cara menghitung masa subur yang dapat kita lakukan tanpa harus pergi konsultasi ke dokter? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghitung masa subur yang kita miliki. Cara itu dapat kita lakukan sendiri dan tanpa bantuan dari dokter atau praktisi medis. Yang terpenting adalah ketahui masa subur agar anda bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim agar pembuahan dapat terjadi dengan baik.

Masa subur adalah sebuah fase yang dimiliki seorang wanita dengan rentang waktu kira-kira 10 hari setelah haid anda datang. Jika anda mempunyai siklus haid yang teratur biasanya akan lebih mudah untuk menghitung masa subur. Namun jika ternyata siklus haid anda tidak teratur maka biasanya penghitungan dilakukan dengan memperhatikan cairan yang keluar dari vagina anda. Ada beberapa kriteria yang bisa dilihat dari cairan tersebut untuk menentukan masa subur anda walaupun siklus haid tidak teratur. Jika anda ingin sukses dalam program kehamilan maka usahakan anda jeli dalam melihat ciri-ciri dari cairan yang merupakan tanda dari masa subur.

Masa subur menandakan sel telur yang sudah dikeluarkan pada saat setelah anda haid sudah dalam kondisi matang. Sehingga jika anda berhubungan intim pada saat masa subur maka pada saat itu sel telur sudah siap untuk dibuahi karena sudah matang. Ada beberapa cara menghitung masa subur diantaranya dengan :

1. Dengan menggunakan sistem kalender

Sistem kalender adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk menghitung masa subur karena tidak memerlukan alat dan keahlian khusus. Kita hanya perlu melihat dan memberi tanda pada kalender kita tentang siklus haid serta kapan tanggal masa subur kita. Biasanya masa subur dihitung dengan jeda waktu dengan tanggal pertama haid adalah sekitar 12 hari. Jadi dihitung dari mulai hari pertama kita mendapatkan haid sampai hari ke 12 baru kita mendapatkan masa subur kita. Puncak masa subur adalah pada tanggal 12 sampai tanggal 16 masa siklus haid kita.